Wuling Merilis Model Terbaru : Binguo EV (Drive Electric Be The Icon)Nikmati Program Pre-Book Untuk Unit Terbaru Dari Wuling, Cloud EVPromo Spesial, LIFETIME WARRANTY Wuling EV!Nikmati Kemudahan Memiliki Mobil Wuling Dengan Program DP Ringan atau Angsuran Ringan!
Beranda » Informasi » Kenali Metode Tambal Ban Tip Top pada Mobil

Kenali Metode Tambal Ban Tip Top pada Mobil

Dipublish pada 30 April 2024 | Dilihat sebanyak 48 kali | Kategori: Informasi

Bagi banyak pengendara mobil, tambal ban tip top mungkin belum banyak diketahui. Pasalnya teknik tambal ban ini cukup jarang ditawarkan di berbagai tambal ban yang kerap ditemui di pinggir jalan.

Paling mudah ditemui adalah tambal ban tubeless hingga tambal ban press yang di setiap pom bensin atau tukang tambal ban pinggir jalan. Padahal tambal ban tip top ini bila dibandingkan dengan teknik tambal ban lain dianggap lebih baik karena bisa menutup dengan rapat lubang kebocoran pada ban.

Namun dari kelebihannya tersebut, tambal ban tip top ini sedikit memiliki perbedaan dalam menangani kebocoran pada ban. Pasalnya untuk menambal ban yang bocor harus melepas ban dari velgnya.

Karena cara ini dianggap kurang praktis oleh tambal ban pinggir jalan, tambal ban tip top menjadi jarang ditemui. Untuk lebih jelas mengenai tambal ban tip top, mari simak ulasan di bawah ini:

Apa Itu Tambal Ban Tip Top?

Nama tambal ban tip top, bagi sebagian orang pasti kurang familiar. Pasalnya teknik satu ini cukup jarang ditemui di tukang tambal ban mobil pinggir jalan. Apalagi dalam pengaplikasiannya, tambal ban tip top ini sering dianggap kurang praktis.

Sebutan lain untuk tambal ban dalam adalah tambal ban tip top. Untuk memperbaiki ban yang bocor tersebut, menggunakan patch ban atau lapisan karet pada bagian dalam ban tubeless. Nama “tip top” itu sendiri berasal dari merek produk yang digunakan untuk tambal ban. Metode ini dianggap lebih aman karena dapat menutup lubang kebocoran dengan rapat.

Kelebihan dan Kekurangan Tambal Ban Tip Top

Meski dinilai memiliki keunggulan bahwa cara tambal ban ini lebih baik karena dapat menutup lubang kebocoran dengan baik, namun tambal ban tip top ini memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri.

Kelebihan:

  1. Tingkat keawetan lebih tahan lama
  2. Tidak mudah bocor
  3. Tambalan jenis tip top ini bisa digunakan menambal bagian dinding ban yang bocor, yang mana jenis tambalan lain tidak bisa digunakan untuk menambal, mengingat pada bagian dinding ban tidak terdapat konstruksi serat baja.
  4. Bisa menambal ban yang bocor dan memiliki lubang besar menganga.

Kekurangan:

  1. Harga relatif lebih mahal dari metode string
  2. Proses pengerjaan yang memakan waktu lama dan tidak praktis, karena harus membongkar ban.
  3. Tidak semua tukang tambal ban menggunakan metode ini.

Teknik Cara Tambal Ban Tip Top

Berikut ini adalah proses melakukan tambal ban tip top:

  1. Lepas roda mobil terlebih dahulu, kemudian lepas ban dari velg.
  2. Mencabut benda tajam yang menapak pada ban.
  3. Bor bekas lubang kebocoran untuk menyesuaikan ukuran lubang dengan tangkai karet payung tambal ban tip top.
  4. Area sekitar lubang yang sudah dibor kemudian dipapas menggunakan gerinda untuk membentuk pola dudukan tempat penempelan karet.
  5. Area yang sudah dipapas kemudian dilem dan ditempelkan karet payung.
  6. Langkah menempelkan karet payung adalah dengan memasukkan tangkai karet dari dalam ban, kemudian tarik dengan bantuan tang dari luar tapak ban.
  7. Setelah proses penempelan karet, umumnya ban diberi tambahan lem tahan panas atau hot press di sekitar permukaan karet atas dan karet dalam agar lubang tertutup secara maksimal. Diamkan ban selama 10-20 menit hingga lem benar-benar kering.
  8. Potong sisa karet ujung payung.
  9. Pasang kembali ban dan velg pada mobil.

Harga Tambal Ban Tip Top untuk Mobil

Jika dibandingkan dengan tambal ban lainnya, tambal ban tip top biasanya lebih mahal. Harga per lubang berkisar antara Rp40.000 dan Rp120.000, tergantung pada berapa banyak lubang yang ada di ban.

Tambal ban tip top tidak hanya mahal, tetapi juga memakan waktu yang lama dan rumit karena perlu melepas ban dari velg. Namun begitu, tidak semua bengkel ban menggunakannya.

Perbedaan Tambal Ban Tip Top vs Tubeless

Tambal ban Tip Top dan tubeless adalah dua metode yang berbeda untuk memperbaiki ban yang bocor. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya:

Tambal Ban Tip Top:

  1. Proses: Tambal ban Tip Top menggunakan tambalan yang terbuat dari karet atau bahan lain yang dapat menempel pada bagian dalam ban yang bocor. Tambalan ini ditempelkan pada area yang bocor setelah ban dikempeskan dan diperbaiki.
  2. Kemampuan: Metode ini efektif untuk memperbaiki ban biasa (non-tubeless) dan ban tube-type yang menggunakan inner tube (ruang dalam).
  3. Kelemahan: Tambalan Tip Top bisa lebih rentan terhadap keausan dan kebocoran ulang dibandingkan dengan sistem tubeless.

Tubeless:

  1. Proses: Ban tubeless dirancang untuk tidak memerlukan tabung dalam (inner tube). Ban dan velg dirancang untuk menghasilkan segel udara yang kuat sendiri. Jika terjadi kebocoran, ban tubeless umumnya memerlukan perbaikan dengan sistem tambal yang khusus.
  2. Kemampuan: Tubeless menawarkan keuntungan dalam kinerja dan risiko kebocoran yang lebih rendah karena tidak ada tabung dalam yang bisa koyak atau kebocoran di sekitar katup.
  3. Kelemahan: Perbaikan ban tubeless memerlukan keterampilan khusus dan mungkin peralatan tambahan seperti lem atau cairan penyegel (sealant). Jika kerusakan parah, ban tubeless mungkin perlu diganti.

Demikian metode tambal ban tip top yang bisa menjadi pilihan untuk memperbaiki ban mobil yang bocor. Pastikan untuk selalu mengecek dan menjaga tekanan angin ketika hendak berkendara supaya tidak mudah bocor.

Sumber : https://wuling.id/id/blog/autotips/kenali-metode-tambal-ban-tip-top-pada-mobil

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya

Wuling Raih Penghargaan The Most Innovative Automaker for Electric Vehicle Innovation

Dipublish pada 30 March 2024 | Dilihat sebanyak 33 kali | Kategori: Informasi

Dok. Wuling Motors Transprtasi.co  | Hari ini, Wuling Motors (Wuling) kembali mendapatkan apresiasi berkat inovasinya di industri otomotif Indonesia. Warta Ekonomi memberikan penghargaan kepada Wuling sebagai The Most Innovative Automaker for Electric Vehicle Innovation dalam perhelatan Indonesia Digital Innovation Awards 2024... selengkapnya

saleswulingsby.com menerima Fleet Order berupa Ambulance atau unit kendaraan lain sesuai pesanan!

Dipublish pada 29 October 2023 | Dilihat sebanyak 76 kali | Kategori: Press Release

SURABAYA – Dengan bangga kami mempersembahkan penawaran khusus untuk Unit Wuling Confero yang telah diubah menjadi ambulans, dilengkapi dengan spesifikasi medis yang terintegrasi dengan sempurna untuk mendukung layanan kesehatan darurat. Sementara itu, Wuling Formo Max yang telah diubah menjadi coffee... selengkapnya

Mengenal Fitur Hill Start Assist, Cegah Mobil Mundur di Tanjakan

Dipublish pada 9 March 2024 | Dilihat sebanyak 102 kali | Kategori: Auto Tips

Mobil masa kini yang sudah ada di Indonesia memang mayoritas sudah menggunakan berbagai fitur yang canggih yang menunjang sisi kenyamanan, keselamatan dan hiburan. Hill Start Assist atau HSA merupakan salah satu fitur canggih yang sering diterapkan di berbagai mobil modern... selengkapnya

Dealer Resmi

Wuling BLESS Basuki Rahmat
Jl. Basuki Rahmat No. 86, Tegalsari
Kota Surabaya , Jawa Timur 60271
E-mail : saleswulings@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Selayang Pandang

Kami menghadirkan koleksi mobil premium yang menggabungkan kemewahan, teknologi mutakhir, dan performa tangguh dalam satu paket tak tertandingi. Dari desain yang memukau hingga fitur canggih, setiap mobil kami adalah manifestasi dari dedikasi kami untuk memberikan pengalaman mengemudi yang luar biasa bagi Anda.

ARDI WULING BLESS
Sales Consultant
error: Maaf Anda Tidak Kami Izinkan !!